CARA PINDAH SEKOLAH KE LUAR NEGERI
BERIKUT TATA CARA PINDAH SEKOLAH KE LUAR NEGERI
Bagi orang tua yang mendapat tugas bekerja ke luar negeri dan akan membawa anak anda ke luar negeri, jangan lupa urus terlebih dahulu persyaratan pindah sekolah ke luar negeri. Oleh karena itu harapan dan tujuan sekolah, urus dokumen pindah sekolahnya sehingga anak anda bisa langsung bisa daftar sekolah di luar negeri tanpa perlu di repotkan lagi dengan persyaratan yang masih kurang sehingga anda harus bolak balik urus dokumen ke indonesia
Ada dua hal cara pindah sekolah ke luar negeri yang perlu diketahui, yaitu:
- Prosedur penyetaraan ijazah dan penyaluran siswa
- Pengurusan nomor induk siswa nasional
- Layanan Penyetaraan Ijazah (PI) adalah layanan penilaian kesetaraan terhadap dokumen hasil belajar (ijazah/diploma/sertifikat/transkrip nilai/rapor) yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan luar negeri/dalam negeri yang tidak menganut kurikulum pendidikan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
- Layanan Penyaluran Siswa (PS) adalah layanan penilaian untuk penyaluran beasiswa siswa di luar negeri atau yang belajar di luar kurikulum nasional Indonesia dan akan mengikuti kurikulum nasional.
1. Penyetaraan Ijazah (PI) dan Penyaluran Siswa (PS)
A. Persyaratan Pelayanan PI
- Mengisi formulir permohonan pelayanan secara daring untuk cara pindah sekolah ke luar negri
- Melampirkan dokumen persyaratan antara lain
- Pasfoto pemohon ukuran 4×6.
- Paspor.
- Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat dan/atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia/surat keterangan dari sekolah asal.
- Ijazah/Diploma/Sertifikat (apabila penyelenggara pendidikan mengeluarkan ijazah).
- Transkrip nilai.
- Struktur Program Kurikulum. Dokumen ini tidak diperlukan apabila penyelenggara pendidikan (sekolah asal) menyediakan dokumen ini di situs resminya.
- Akta kelahiran/surat kenal lahir.
- Raport (SMP/SMA/SMK) dan scan raport 3 tahun terakhir (SD).
B. Prosedur PI
- Pemohon mendaftar layanan penyetaraan ijazah secara daring melalui tautan
- Subbagian Kerja Sama dan Humas memverifikasi dan memproses formulir pemohon dan kelengkapannya (Pemohon yang melakukan pendaftaran secara daring wajib datang untuk memverifikasi scan dokumen persyaratan yang dilampirkan secara daring dengan dokumen asli)
- Tim Penilai melakukan verifikasi formulir pendaftaran dan dokumen kelengkapannya, memberikan penilaian dan persetujuan
- Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas menyetujui dan menyiapkan konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri
- Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana dan Kerja Sama menelaah dan menyetujui/memaraf konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri
- Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen menandatangani konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri
- ULT (Unit Layanan Terpadu) menerima dan menyerahkan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri
- Pemohon menerima surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri
- Fotokopi paspor;
- Fotokopi surat keterangan dari Perwakilan RI setempat dan/atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia/ Fotokopi surat keterangan dari sekolah asal;
- Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir dan/atau Kartu Keluarga;
- Fotokopi rapor kelas 1, 2, dan, 3 jenjang SMA/ SMK NUSA WIDYA MANDIRI. Untuk rapor yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, agar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah.
Catatan layanan PI:
- Jangka waktu penyelesaian: 5 hari kerja sejak dokumen lengkap.
- Biaya /tarif: Tidak dipungut biaya.
- Produk layanan: Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri.
C. Persyaratan Pelayanan PS
- Mengisi formulir permohonan secara daring
- Melampirkan dokumen persyaratan antara lain:
- Paspor dan Akte Lahir;
- Surat keterangan pindah dari sekolah asal atau sekolah sebelumnya;
- Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat (KBRI); dan
- Transkrip Nilai/ Rapor kelas terakhir.
D. Prosedur PS
- Pemohon mendaftar layanan penyaluran siswa secara daring melalui tautan Subbagian Kerja Sama dan Humas memverifikasi dan memproses formulir pemohon dan kelengkapannya (Pemohon yang melakukan pendaftaran secara daring wajib datang untuk memverifikasi scan dokumen persyaratan yang dilampirkan secara daring dengan dokumen asli);
- Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas menyetujui/memaraf konsep surat rekomendasi penyaluran siswa;
- Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana dan Kerja Sama menelaah dan menyetujui/memaraf konsep surat rekomendasi penyaluran siswa;
- Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen menandatangani surat rekomendasi penyaluran siswa, kemudian mengirimkan ke Pemohon atau melalui ULT;
- Pemohon menerima surat rekomendasi penyaluran siswa.
- ULT menerima dan menyerahkan surat rekomendasi penyaluran siswa;
- banyak jurusan yang menarik dan bisa kamu ikuti
Catatan layanan PS:
- Jangka waktu penyelesaian: 5 hari kerja
- Biaya/tarif: Tidak dipungut biaya
- Produk layanan: Surat rekomendasi penyaluran siswa luar negeri atau siswa dari sekolah SPK
2. Pengurusan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Langkah-langkah mendapatkan NISN untuk SD dan SMP:
- Melakukan pengecekan di laman.
- Orang tua murid menanyakan langsung sekolah, operator sekolah yang memiliki akses ke sistem NISN dan memastikan data siswa sudah dimasukkan dalam sistem.
- NISN akan dibuat secara otomatis dalam sistem SMK Nusa Widya Mandiri
Langkah-langkah mendapatkan NISN untuk SMA:
- Melakukan pengecekan secara online
- Menghubungi pihak PDSP dengan mengirim email ke alamat pdsp@kemdikbud.go.id dengan subject: Pengajuan NISN Baru untuk siswa kelas 12
- Mengisi formulir pengajuan NISN baru untuk kelas 12 secara lengkap, dengan format Excel sesuai yang disarankan oleh operator
- Mengirim formulir tersebut ke PDSP dan melakukan pengecekan secara berkala, menanyakan status ke email secara berkala.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
- NISN dapat diakses/dilihat di laman
- Tidak semua sekolah memerlukan bantuan orang tua murid untuk mencari NISN, karena pengajuan NISN secara normal sudah dilakukan oleh sekolah
- Untuk kasus tertentu, pengurusan oleh sekolah memakan waktu yang cukup lama dan terkadang tidak berhasil. Disarankan mengurus sendiri dengan secara aktif berkomunikasi dengan dan dalam waktu 2 minggu NISN baru sudah tersedia dan tidak ada biaya sama sekali.
- Untuk tingkat SD dan SMP, hanya dengan bantuan operator sekolah data siswa dapat dimasukkan ke dalam sistem
Kesimpulan
Demikian sekilas pengalaman di sekolah Smk Nusa Widya Mandiri mengurus surat kepindahan anak bersekolah ke luar negeri.kami juga tidak tahu urgensi dan dampak dari surat tersebut di kemudian hari karena kami hanya memberi motivasi saat belajar ketika anak kami kembali bersekolah di indonesia mengapa kami bilang demikian karena banyak teman mahasiswa yang sudah pulang ke indonesia maupun yang masih bersekolah di luar negeri tidak menguruss surat pindah seperti yang kami lakukan di luar negeri
Mochamad Ritopik Alfirdaus
Kelas 12 TKJ
Tahun ajaran 2024/2025
Belum ada Komentar untuk "CARA PINDAH SEKOLAH KE LUAR NEGERI"
Posting Komentar